02 Oct 2018

Bandung Business Matching and Demo Day dengan tema ”Get Ready to Boost Your Start Up”

Rina Mariana Semua Bidang 731

DPMPTSP Kota Bandung menyelenggarakan kegiatan Bandung Business Matching and Demo Day dengan tema ”Get Ready to Boost Your Start Up”, bertempat di Hotel Grandia, Jl. Cihampelas No. 82 Bandung, Selasa (02/10/18).

 

Acara dibuka oleh Kepala DPMPTSP Kota Bandung, Arief Syaifudin. Dalam sambutannya Arief menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sebagai sarana pembekalan dan penambahan wawasan kepada para pelaku start up, salah satunya tentang pelayanan perizinan berusaha serta dalam rangka memaksimalkan peran start up dalam meningkatkan nilai investasi di Kota Bandung.

 

”Pelaku usaha dalam menjalankan usahanya menghadapi berbagai kendala, diantaranya adalah masalah permodalan dan masalah perizinan. Untuk menjembataninya agar bisa tumbuh dan berkembang serta dapat mengatasi berbagai kendala tersebut, diperlukan suatu pemahaman bagi pelaku usaha mengenai pelaksanaan berusaha dan pelayanan perizinan”, jelas Arief. Lebih lanjut Arief menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi sebuah langkah strategis dalam mendorong implementasi pembinaan dan pengembangan usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi melalui kemudahan berinvestasi dan perizinan.

 

Kegiatan ini mempertemukan pemegang modal (investor) dengan para pelaku start up. Hadir beberapa investor, yaitu Co-Founder and Managing Partner Ideosource Venture Capital, Edward Ismawan dan CEO and Co-Owner UMG Myanmar, Mr. Kiwi Aliwarga. Untuk membuka peluang investasi, beberapa start up diberikan kesempatan untuk melakukan presentasi bisnis (pitching) di depan investor.

 

Selain presentasi bisnis oleh para start up, Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelayanan Penanaman Modal, Betty Wargadinata memaparkan mengenai Online Single Submission (OSS).

 

Acara yang berlangsung selama 3 jam disambut dengan antusias oleh para pelaku start up. Dengan dilaksanakan business matching ini, diharapkan dapat menciptakan sarana berjejaring (networking) antar start up dengan investor sehingga dapat mendorong peluang kolaborasi dan permodalan serta menciptakan start up Kota Bandung  yang taat dan patuh terhadap perizinan sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan.