25 May 2018

Pelayanan Mobil Keliling Elektronik untuk Masyarakat (Molling e-Mas) dan Konsultasi Perizinan Online yang Amanah dan Ramah (Karomah)

Rina Mariana Semua Bidang 658

Jumat, 25 Mei 2018, DPMPTSP Kota Bandung melakukan pelayanan Mobil Keliling Elektronik untuk Masyarakat (Molling e-Mas) dan Konsultasi Perizinan Online yang Amanah dan Ramah (Karomah) terkait Izin Pendirian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di TK Permata Ibunda, Buahbatu.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Buahbatu ini dihadiri oleh sebanyak 25 orang peserta, yang terdiri dari para kepala sekolah dan operator TK di Kecamatan Buahbatu.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan C, Anhar Hadian yang menjadi salah satu narasumber mengatakan bahwa sejak tahun 2017, perizinan TK dialihkan dari Dinas Pendidikan ke DPMPTSP Kota Bandung, dan diproses secara online. Sistem perizinan online ini untuk sebagian pihak menjadi masalah. “Pada kegiatan kali ini, DPMPTSP fokusnya ingin bertemu langsung dengan pemohon yang sudah mengajukan izin, tapi ditolak”, ujar Anhar. Konseling sendiri dipilih karena lebih personal dibandingkan dengan sosialisasi.

Sistem konseling dibagi menjadi 3 kelompok dan masing-masing kelompok didampingi oleh seorang konselor. Pemohon yang pernah mengajukan izin dan ditolak, dijelaskan kesalahan pengajuannya dan diberi solusi oleh konselor.

Acara yang berlangsung selama 2,5 jam ini disambut dengan antusias oleh peserta yang hadir. Susi Susilawati, Kepala Sekolah dari TK Al-Munajah mengatakan “Manfaat bagi saya besar sekali, karena dengan adanya konseling ini saya jadi tahu apa saja yang menjadi persyaratan untuk mengajukan izin operasional, langkah-langkahnya seperti apa”.


“Kegiatan Karomah dan Molling e-Mas ini sangat bermanfaat sekali, kebetulan dari kecamatan Buahbatu memang masih banyak yang memerlukan informasi lebih dalam mengenai izin operasional ini, sehingga dengan adanya konseling ini kami mendapatkan informasi yang detail”, ujar Elis Sukiyah dari Perguruan Taman Siswa cabang Bandung. “Kedepannya mudah-mudahan kecamatan lain juga bisa menerima kegiatan Karomah dan Molling e-Mas ini, seperti di kecamatan Buahbatu. Kami begitu respek terhadap kegiatan ini”, tuturnya.