10 Nov 2020

Sosialisasi Dan Workshop Sistem Informasi Potensi Dan Peluang Penanaman Modal ”Invest Bandung”

Rina Mariana Semua Bidang 121

Dalam rangka meningkatkan pengelolaan data dan informasi penanaman modal, DPMPTSP Kota Bandung menyelenggarakan Sosialisasi Dan Workshop Sistem Informasi Potensi Dan Peluang Penanaman Modal ”Invest Bandung”, bertempat di Hotel Grandia, Selasa (10/11/20).

Kepala DPMPTSP Kota Bandung, Ronny Ahmad Nurudin dalam sambutannya menjelaskan bahwa lingkup pengembangan iklim penanaman modal untuk tingkat pemerintah kabupaten/kota telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, salah satunya adalah pembuatan peta potensi investasi kabupaten/kota. Lebih lanjut, tata cara pengembangan potensi dan peluang penanaman modal diatur dalam Peraturan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Nomor 9 Tahun 2017 yaitu dengan mengidentifikasi dan memetakan potensi dan peluang penanaman modal, termasuk ketersediaan lahan, sarana prasarana penunjang, dan pendokumentasiannya secara elektronik.

“Calon investor, baik dalam maupun luar negeri, membutuhkan kemudahan untuk memulai dan mengembangkan usahanya. Salah satu bentuk kemudahan tersebut adalah tersedianya data dan informasi mengenai potensi dan peluang penanaman modal yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengambilan keputusan investasinya”, papar Ronny.

Sistem Informasi Potensi Dan Peluang Penanaman Modal Kota Bandung yang disebut “Invest Bandung” ini dibangun untuk lebih memudahkan masyarakat dan calon investor, data dan informasi mengenai potensi dan peluang penanaman modal dalam sistem ini dipilah berdasarkan sektor usaha dan wilayah.

Dalam pelaksanaan workshop tersebut, diisi oleh narasumber dari BTP Telkom University. Peserta terbagi menjadi dua sesi, pertama terdiri dari unsur perangkat daerah dan BUMD di Kota Bandung, sedangkan sesi kedua terdiri dari perwakilan seluruh kecamatan di Kota Bandung. Pada setiap sesi, dilakukan pelatihan dan uji coba penggunaan sistem oleh para peserta workshop.

Harapan dari pelaksanaan sosialisasi dan workshop ini adalah untuk mendapatkan masukan dari para stakeholders pembangunan di Kota Bandung terhadap sistem informasi potensi dan peluang penanaman modal yang sedang dikembangkan.